Bagaimana jika token listrik gagal 3 kali? Ini Penyebab dan Solusinya

 

Bagaimana jika token listrik gagal 3 kali? Ini Penyebab dan Solusinya
Bagaimana jika token listrik gagal 3 kali? Ini Penyebab dan Solusinya

Bagaimana jika token listrik gagal 3 kaliJika kamu adalah pengguna listrik prabayar, tentu kamu pernah mengalami token listrik gagal 3 kali. 

Kegagalan tersebut membuat panik karena meteran listrik dapat terblokir, sehingga berbagai aktivitas menggunakan aliran listrik akan terhambat. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa solusi mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah itu.

Penyebab Token Listrik Tidak Bisa Diisi

Sebelum membahas solusinya, kita perlu mengetahui penyebab token listrik gagal diisi. Token listrik merupakan angka yang dimasukkan ke kWh meter agar layanan listrik bisa digunakan sesuai kebutuhan dengan lancar. 

Namun, pada satu kondisi proses memasukkan token listrik tak jarang mengalami gangguan, salah satunya terjadi kegagalan saat diinput.

Mengutip buku PLN dan Pengelolaan Cadangan Listrik oleh Pusat Data Dan Analisa Tempo, penyebab token listrik gagal di antaranya server mengalami masalah, terjadi kesalahan pada ID meter, pemasangan instalasi listrik yang tak tepat, hingga limit jumlah listrik (kWh) telah memenuhi batas maksimal.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal 3 Kali Melalui Call Center

Ketika token listrik gagal diinput, langkah paling awal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan panggilan ke layanan Call Center PLN di nomor 123. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu panggilan di HP.
  2. Masukkan nomor Call Center PLN 123 dan mulai lakukan panggilan.
  3. Ikuti instruksi dari petugas saat panggilan terhubung agar permasalahan token listrik yang gagal diinput berhasil diatasi.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal 3 Kali Melalui PLN Mobile

Selain melalui call center, kamu juga bisa mengatasi token listrik gagal 3 kali melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi PLN Mobile di HP.
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data yang dibutuhkan.
  3. Saat masuk ke halaman awal aplikasi, ketuk menu ‘Pengaduan’.
  4. Pilih jenis keluhan yang ingin diajukan.
  5. Ikuti instruksi yang tersedia di layar ponsel.

Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Jika dua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mendatangi kantor PLN terdekat untuk mendapatkan solusi. Datangi kantor PLN terdekat dengan rumahmu, lalu sampaikan permasalahan yang kamu alami bahwa token listrik yang dimasukkan selalu gagal. 

Petugas akan memberikan solusi dan memberi tindakan lanjut mengenai masalah yang kamu alami. Biasanya, petugas PLN akan mendatangi rumahmu dan mengecek atau memperbaiki meteran listrik bila diperlukan.

Baca juga: Mengunci folder di laptop

LihatTutupKomentar

Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari hari Kunci buat Hidup yang Penuh Barokah

  Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari hari Kunci buat Hidup yang Penuh Barokah Kata kata Bijak Islami Kehidupan Sehari hari Kunci buat Hidup...